Cari Blog Ini

Jumat, 02 Desember 2011

ASAL USUL DESA GUYANGAN

ASAL USUL DESA GUYANGAN
Dijaman dulu kala ada seorang perempuan yang bernama mbah Kunarsih dan biasa dipanggil mbah sih,beliaulah yang pertama kali menginjak tanah guyangan., Sebelum bernama desa guyangan mbah Kunarsih senang sekali memelihara ternak apalagi kerbau dan bebek, karena ditanah Guyangan ini dulu belum banyak penduduknya dan masih jauh dari sungai, jadi mbah Seh memandikan dan membersihkan ternak"nya disebuah kolam yang lumayan dalam dan besar, banyaknya hewan" yang dipelihara oleh mbah Seh dan mbah Sehpun tidak dibantu oleh satu orangoun maka mbah Seh setiap hari membersihkan hewan ternaknya ke kolam itu sendiri.
Mbah Kunarseh itu adalah dayang desa Guyangan, beliau dipanggil dayang karena mempunyai ilmu gaib atau mempunyai kesaktian yang tinggi, konon dayang itu tidak mati tapi nglintang sukma disebut mati tidak ada mayatnya, dikatakan hidup tidak ada saudaranya, namun sebelumnya mbah seh itu nglintang sukma mbah Seh meninggalkan suatu pesan kepada warga didaerah itu kalau sampai kapanpun dan sampai akhir zaman, akan tetap menjadi desa Guyangan, seandainya jadi desa ya desa Guyangan, dan seandainya jadi kota ya tetap kota Guyangan. Diambil dari kebiasaan mbah Seh yang suka memandikan hewan ternakmnya dikolam karena dalam bahasa jawa memandikan hewan ternak adalah guyang seperti pesan mbah seh. Dulu pada akhir" zaman nanti akan tetap menjadi guyangan ataupun kota Guyangan.

1 komentar:

  1. Baca Juga Cerita Desa Guyangan versi Bhs. Inggris kami di www.walfchild.blogspot.com/2012/01/happening-of-guyangan-village.html

    BalasHapus