SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK Negeri 1 Pakis Aji
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / semester : X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Pendidikan Karakter Bangsa |
1.1 Mendengarkan pengumuman kegiatan kemasyarakan | Pengumuman Kerja Bakti Warga | Kegiatan Tatap Muka · Peserta didik mendengarkan pengumumam tentang kegiatan kemasyarakan · Peserta didik mendefinisikan pengertian pengumuman · Peserta didik menyebutkan sumber pengumuman · Peserta didik secara komunikatif menyebutkan isi pengumuman yang baru di dengar · Peserta didik menyebutkan secara komunikatif kapan pengumuman itu dilaksanakan · Peserta didik secara kreatif memberi tanggapan lisan terhadap isi pengumuman · Peserta didik ditunjuk secara acak untuk menyampaikan secara mandiri isi pengumumam dalam ragam krama · Peserta didik mendengarkan pengumuman tentang kegiataan ekstra kurikuler SMK Negeri 1 Pakis Aji. Kegiatan Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan uraian yang berkaitan dengan materi mendengarkan kegiatan pengumuman yang disampaikan melalui media elektronik/rekaman Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk membuat pengumuman berkaitan dengan kegiatan ekstra kurikuler di SMK Negeri 1 Pakis Aji | · Mendefinisikan pengertian pengumuman · Menyebutkan sumber pengumuman · Menyebutkan isi pengumuman · Menyebutkan untuk siapa pengumuman itu. · Menyebutkan kapan pengumuman itu dilaksanakan. · Memberi tanggapan secara lisan terhadap isi pengumuman. · Menyampaikan pada orang lain isi pengumuman dalam ragam krama. · Mendengarkan pengumuman tentang kegiataan ekstra kurikuler SMK Negeri 1 Pakis Aji | Jenis tagihan · Tugas individu Bentuk Instrumen · Pengamatan · Uraian · Lisan | 1 x 45 | v Sumber : · Buku Kabeh Seneng Basa Jawa I · LKS Fokus kelas X v Alat · Rekaman wara-wara · Laptop | · Kreatif · Komunikatif · Mandiri |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK Negeri 1 Pakis Aji
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / semester : X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Pendidikan Karakter Bangsa |
1.2.Mendengarkan cerita pengalaman yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman dalam ragam bahasa krama | Cerita pengalaman yang menarik | Kegiatan Tatap Muka · Peserta didik mendengarkan cerita pengalaman melalui rekaman dalam bahasa krama · Peserta didik secara mandiri menyebutkan tema dalam cerita · Peserta didik secara kreatif menyebutkan judul dalam cerita pengalaman yang didengar · Peserta didik secara mandiri menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita · Peserta didik bekerja keras menuliskan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita pengalaman. · Peserta didik secara komunikatif menceritakan kembali isi cerita pengalaman yang didengarkan dalam ragam bahasa krama · Peserta didik yang mampu menceritakan kembali pengalaman pribadi secara ekspresif dengan intonasi dan lafal yang benar disiarkan dalam program radio kampus. · Peserta didik ditunjuk secara acak untuk memberi tanggapan secara komunikatif terhadap isi cerita pengalaman yang didengarkan. Kegiatan Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa uraian yang berhubungan dengan cerita pengalaman Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur · Guru memberi tugas kepada siswa secara mandiri menyusun cerita pengalaman pribadi yang siap disajikan. · Naskah yang terpilih dibacakan di dalam kelas. | · Menyebutkan tema dalam cerita · Menyebutkan judul dalam cerita · Menyebutkan tokoh- tokoh dalam cerita · Menuliskan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita · Menceritakan kembali isi cerita dengan ragam bahasa krama · Memberi tanggapan secara lisan terhadap isi cerita · Menceritakan kembali isi cerita dengan ragam bahasa krama | Jenis tagihan · Tugas individu Bentuk Instrumen · Pengamatan · Demonstrasi · Uraian · Lisan | 1 X 45 | v Sumber : · indingus.multi ply.com ·infolokerterbaru. com · Buku Kabeh Seneng Basa Jawa I · LKS Bahasa Jawa Fokus v Alat : · Kaset rekaman pengalaman berbahasa Jawa · Laptop · LCD | · Mandiri · Kreatif · Komunikatif · Bekerja keras |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK Negeri 1 Pakis Aji
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / semester : X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Pendidikan Karakter Bangsa |
1.3.Mendengarkan cerita rakyat yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman | Cerita rakyat | Kegiatan Tatap Muka · Guru memberi pertanyaan berkaitan dengan cerita rakyat. · Peserta didik secara mandiri mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan oleh temannya. · Peserta didik yang ditunjuk menyebutkan tema dalam cerita rakyat yang didengar sebagai apersepsi. · Peserta didik secara kreatif menyebutkan tokoh dalam cerita rakyat yang didengar · Peserta didik menyebutkan watak tokoh dalam cerita rakyat yaang di dengar · Peserta didik menyebutkan latar/ setting cerita rakyat yang didengar · Peserta didik bekerja keras menyebutkan alur dalam cerita rakyat yang didengar. · Peserta didik menyebutkan amanat/ pesan dalam cerita rakyat · Peserta didik menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat · Peserta didik secara mandiri menceritakan kembali isi cerita rakyat yang didengar · Peserta didik dengan rasa ingin tahu bertanya jawab tentang isi cerita rakyat yang didengarkan. Kegiatan Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan uraian yang berhubungan dengan materi crita rakyat · Peserta didik menceritakan kembali isi cerita rakyat Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk menyusun cerita rakyat yang didengar di lingkungan Pakis Aji yang dikirim lewat email capunk17@yahoo.com.id · Naskah cerita rakyat yang terpilih dibacakan di dalam kelas | · Menyebutkan tokoh dalam cerita rakyat. · Meyebutkan watak tokoh dalam cerita rakyat · Menyebutkan setting dalam cerita rakyat · Menyebutkan alur dalam cerita rakyat · Menyebutkan tema dalam cerita rakyat · Menyebutkan amanat/ pesan dalam cerita rakyat · Meyebutkan nilai-nilai dalam cerita rakyat · Menceritakan kembali isi cerita · Mendengarkan cerita rakyat yang yang berkembang di lingkungan masing-masing. | Jenis tagihan · Tugas individu Bentuk Instrumen · Pengamatan · Demonstrasi · Uraian | 1 X 45 | v Sumber : · Id.wikipedia.org/../ ceritarakyat · Cerita rakyat nusantar a.com · Buku Kabeh Seneng Basa Jawa I v Bahan · Modul · LKS Bahasa Jawa Fokus § Alat : · Rekaman cerita rakyat · Lap top · LCD | · Mandiri · Kreatif · Komunikatif · Bekerja keras · Rasa ingin tahu |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK Negeri 1 Pakis Aji
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / semester : X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Pendidikan Karakter Bangsa |
2.1 Berdialog menggunakan parikan/ wangsalan | Berdialog | Kegiatan Tatap Muka · Guru menyajikan beberapa wangsalan · Peserta didik menyebutkan maksud wangsalan sebagai apersepsi. · Guru memberikan penjelasan tentang berdialog menggunakan parikan/ wangsalan · Peserta didik dengan rasa ingin tahu mengidentifikasi pengertian parikan dan wangsalan yang digunakan dalam pembicaraan sehari-hari · Peserta didik secara mandiri memberikan contoh wangsalan dan parikan · Peserta didik dibagi dalam enam kelompok untuk menyusun naskah dialog yang memuat parikan dan wangsalan. · Peserta didik secara berkelompok menentukan tema dialog · Peserta didik secara berkelompok membuat kerangka percakapan dengan kreatif. · Peserta didik secara berkelompok mengembangkan kerangka manjadi percakapaan utuh · Kelompok yang ditunjuk berdialog secara komunikatif sesuai dengan naskah yang telah disusun sebelumnya. · Kelompok yang berdialog secara maksimal dengan memuat wangsalan dan parikan serta menggunakan lafal dan intonasi yang tepat Kegiatan Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk menyusun naskah dialog yang memuat wangsalan dan parikan · Peserta didik berdialog sesuai dengan naskah yang disusun. Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur · Guru memberi tugas peserta didik untuk merekam dialog yang memuat parikan/ wangsalan dalam ragam bahasa krama yang telah disusun dalam pembelajaran dan dikirim melaui email capunk17@yahoo.co.id | § Mengidentifikasi pengertian parikan dan wangsalan yang digunakan dalam pembicaraan sehari-hari § Menyebutkan contoh wangsalaan dan parikan § Menentukan tema dialog § Membuat kerangka percakapan § Mengembangkan kerangka menjadi percakapan utuh § Bertanya jawab secara langsung menggunakan parikan atau wangsalan | Jenis tagihan · Tugas individu · Tugas Kelompok Bentuk Instrumen · Pengamatan · Demonstrasi · Uraian · Lisan | 1 X 45 | v Sumber: ·Pinterbasajawa.co.cc ·www.setyawara.tk · Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X ( Yudistira ) · Kalawarti Panjebar Semangat · LKS Bahasa Jawa Fokus v Alat: · Rrekaman dialog · Laptop · LCD | · Mandiri · Kreatif · Komunikatif · Rasa ingin tahu |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK Negeri 1 Pakis Aji
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / semester : X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Pendidikan Karakter Bangsa |
2.2 Bercerita pengalaman yang mengesankan dalam ragam krama | Diskusi cerita pengalaaman | Kegiatan Tatap Muka · Guru memutarkan video contoh bercerita pengalaman yang mengesankan dalam ragam bahasa krama · Guru menunjuk salah satu peserta didik menyebutkan jenis-jenis cerita pengalaman · Peserta didik secara mandiri dapat menjelaskan pengertian cerita pengalman · Peserta didik menentukan tema cerita pengalamaan dalam hidupnya · Peserta didik bekerja keras menentukan alur cerita yang logis · Peserta didik secara kreatif menentukan gaya bercerita yang menarik dengan memperhatikan unggah-ungguh bahasa yang tepat · Peserta didik secara komunikatif menceritakan pengalaman pribadi yang mengesankan dengan gaya bercerita yang menarik · Peserta didik yang mampu menceritakan pengalaman pribadi yang mengesankan dengan gaya bercerita yang paling menarik dibcakan di depan kelas · Peserta didik menjawab pertanyan yang berkaitan dengan pengalamannya secara santun Kegiatan Terstruktur · Peserta didik menceritakan pengalaman pribadi yang mengesankan. · Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyan uraian yang berhubungan dengan materi bercerita Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur · Guru memberi tugas tidak terstruktur melalui email capunk17@yahoo.co.id cerita pengalaman pribadi dari ragam ngoko menjadi ragam krama. | § Menjelaskan pengertian cerita pengalaman § Menentukan tema cerita pengalaman dalam hidupnya § Menentukan alur cerita yang logis § Menentukan gaya bercerita yang menarik dengan memperhatikan unggah-ungguh § Menceritakan pengalaman pribadi yang mengesankan dengan gaya bercerita yang menarik § Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan pengalamannya secara santun § Bercerita pengalaman yang berkesan baik menyenangkan/ menyedihkan sesuai unggah-ungguh basa | Jenis tagihan · Tugas individu Bentuk Instrumen · Pengamatan · Demonstrasi · Uraian · Lisan | 1 X 45 | v Sumber: · Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X ( Yudistira ) · LKS Bahasa Jawa Fokus v Alat: · Rekaman cerita pengalaman · Laptop · LCD | · Mandiri · Kreatif · Komunikatif · Bekerja keras |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK Negeri 1 Pakis Aji
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / semester : X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Berbicara
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Pendidikan Karakter Bangsa |
2. 3 Berdialog/ percakapan mengenai cerita rakyat | Dialog/percakapan cerita rakyat | Kegiatan Tatap Muka · Guru memberi penjelasan pengertian unggah-ungguh basa Jawa · Peserta didik menyebutkan unggah-ungguh basa Jawa · Guru mengulas sedikit materi cerita rakyat dengan mengadakan tanya jawab · Peserta didik secara mandiri bertanya dengan menggunakan unggah-ungguh yang tepat · Peserta didik membentuk kelompok untuk berdiskusi/ berdialog mengenai cerita rakyat · Secara berkelompok peserta didik menentukan tema cerita rakyat · Secara berkelompok bekerja keras membuat kerangka percakapaan/dialog · Secara kelompok mengembangkan kerangka percakapan/dialog dengan kreatif. · Secara kelompok dengan rasa ingin tahu menemukan isi pokok cerita rakyat · Peserta didik secara berkelompok berdialog sesuai dengan naskah yang disusun dengan komunikatif. · Kelompok yang dipilih berdialog dengan menggunakan unggah-ungguh basa tentang cerita rakyat sekitar. · Kelompok yang belum terpilih bersiap mendengarkan msecara langsung dan memberikan tanggapannya. Kegiatan Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk menyusun naskah dialog yang membicarakan tentang cerita rakyat. · Peserta didik secara berkelompok berdialog sesuai dengan naskah yang disusun. · Peserta didik menemukan isi cerita rakyat. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur · Guru memberi tugas secara mandiri kepada peserta didik untuk mendengarkan dan berdialog dengan menggunakan unggah-ungguh basa tentang cerita rakyat sekitar serta memberi tanggapan secara tertulis dan dikirim melalui email capunk17@yahoo.co.id | § Menjelaskan pengertian unggah-ungguh basa Jawa § Menyebutkan jenis unggah-ungguh basa Jawa § Menentukan tema § Membuat kerangka percakapan § Mengembangkan kerangka percakapan/dialog § Menemukan isi pokok cerita rakyat § Menemukan asal-usul kejadian yang terkandung dalam cerita rakyat § Berdialog dengan menggunakan unggah-ungguh basa tentang cerita rakyat | Jenis tagihan · Tugas individu · Tugas Kelompok Bentuk Instrumen · Pengamatan · Demonstrasi · Uraian · Lisan | 2 X 45 | v Sumber : ·ceritanusantar.com · Buku Kabeh Seneng Basa Jawa · LKS Bahasa Jawa Fokus v Alat : · Laptop · LCD | · Mandiri · Kreatif · Komunikatif · Bekerja keras · Rasa ingin tahu |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK Negeri 1 Pakis Aji
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / semester : X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dalam bacaan non sastra dengan berbagai teknik membaca untuk berbagai tujuan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Pendidikan Karakter Bangsa |
3. 1 Membaca pemahaman wacana non sastra tentang budaya Jawa | Wacana non sastra budaya Jawa | Kegiatan Tatap Muka · Guru memberi penjelasan tentang budaya Jawa · Peserta didik menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan budaya Jawa · Peserta didik dengan rasa gemar membaca melakukan aktivitas membaca dengan baik teks nonsastra budaya Jawa · Peserta didik secara mandiri menemukan kata-kata sukar dalam bacaan · Peserta didik mengartikan kata-kata sukar dalam bacaan · Peserta didik kerja keras menemukan/mengidentifikasi pokok-pokok/ ide pokok isi bacaan · Peserta didik mencatat sumber teks dalam bacaan · Peserta didik secara kreatif menyusun ringkasan bacaan. · Peserta didik secara mandiri mengungkapkan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri. · Guru meminta beberapa siswa untuk membacakan wacana berkaitan dengan budaya Jawa dengan baik · Peserta didik yang ditunjuk membacakan dengan baik teks nonsastra tentang budaya Jawa di dalam kelas. Kegiatan Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan uraian yang berhubungan dengan materi membaca · Guru menunjuk peserta didik untuk membaca. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur § Guru memberi tugas mandiri kepada peserta didik mencari bacaan tentang budaya Jawa kemudian menyusun ringkasan nya | § Menemukan kata-kata sukar/sulit dalam bacaan § Mengartikan kata-kata sukar dalam bacaan § Menemukan/ mengidentifikasi pokok-pokok/ ide pokok isi bacaan § Menjawab pertanyaan bacaan secara tepat § Menyusun ringkasan bacaan secara tepat § Mengungkapkan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri § Mencatat sumber teks § Membaca dengan baik teks nonsastra tentang budaya. | Jenis tagihan · Tugas individu · Tugas Kelompok Bentuk Instrumen · Pengamatan · Demonstrasi · Uraian | 1 X 45 | v Sumber: · Pinterbasajawa.co.cc · sastrajawi.blogspot.com · Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X · Kalawarti Panjebar Semangat · LKS Bahasa Jawa Fokus v Alat: · Laptop · LCD · Teks budaya Jawa | · Gemar membaca · Mandiri · Kerja keras |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK Negeri 1 Pakis Aji
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / semester : X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dalam bacaan non sastra dengan berbagai teknik membaca untuk berbagai tujuan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Pendidikan Karakter Bangsa |
3. 2 Membaca pemahaman wacana berhuruf Jawa 10 -15 kalimat | Teks aksara Jawa | Kegiatan Tatap Muka · Guru mengajak peserta didik untuk bermain kuis berkaitan dengan membaca aksara Jawa sebagai apersepsi. · Guru memberi penjelasan tentang aksara Jawa · Peserta didik secara mandiri membaca teks aksara Jawa bergiliran dan peserta didik yang lain menyimak · Peserta didik gemar membaca dengan melakukan aktivitas membaca teks aksara Jawa dengan intonasi dan lafal yang tepat · Peserta didik membaca kata per kata beraksara Jawa dengan tepat yang ditulis dalam potongan-potongan kertas. · Peserta didik membaca kalimat per kalimat beraksara Jawa tepat yang ditampilkan dalam layar LCD. · Peserta didik menemukan pasangan tanda baca aksara Jawa yang ditampilkan dalam layar LCD. · Peserta didik dapat menemukan aksara murda, aksara swara dalam wacana berhuruf Jawa · Peserta didik menemukan angka Jawa dalam wacana berhuruf Jawa. · Peserta didik dapat membaca wacana berhuruf Jawa secara keseluruhan secara tepat. · Peserta didik menjawab pertanyaan berkaitan dengan bacaan menggunakan aksara Jawa. · Peserta didik secara kreatif dapat menemukan isi bacaan dengan menggunakan bahasa sendiri. · Guru menunjuk salah satu peserta didik secara komunikatif menggungkapkan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri · Setiap peserta didik secara mandiri menggungkapkan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri dengan bergantian · Peserta didik yang belum memahami isi bacaan berada di luar ruangan untuk memahami isi bacaan. · Bersama guru mengunkap kebenaran isi bacaan. Kegiatan Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk membaca aksara Jawa. · Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan uraian yang berkaitan dengan wacana teks aksara Jawa Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur · Guru memberi tugas mandiri kepada peserta didik untuk mencari wacana beraksara Jawa dalam kalawarti Panjebar Semangat dengan edisi yang telah ditentukan, kemudian mengubah wacana beraksara Jawa menjadi aksara Latin untuk selanjutnya diungkapkan secara tertulis isi bacaan tersebut dan dikirim melalui email:capunk17@yahoo.co.id | § Melafalkan aksara Jawa dengan intonasi dan lafal yang tepat § Membaca kata beraksara Jawa § Membaca kalimat beraksara Jawa § Menemukan pasangan tanda baca aksara Jawa § Menemukan aksara murda dalam huruf Jawa § Menemukan aksara swara dalam huruf Jawa § Menemukan aksara angka dalam huruf Jawa § Menemukan isi bacaan § Menjawab pertanyaan bacaan § Mengungkapkan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri | Jenis tagihan · Tugas individu · Tugas Kelompok Bentuk Instrumen · Pengamatan · Demonstrasi · Uraian · Lisan | 4 X 45 | v Sumber : · Pinterbasajawa.co.cc · Setyawaara.tk · Kidemang.com · sastrajawi.blogspot.com · Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X · Pepak Basa Jawa · LKS Bahasa Jawa Fokus v Alat : · Laptop · LCD · Teks aksara Jawa | · Mandiri · Kreatif · Komunikatif · Gemar membaca |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK Negeri 1 Pakis Aji
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / semester : X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Membaca
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dalam bacaan non sastra dengan berbagai teknik membaca untuk berbagai tujuan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Pendidikan Karakter Bangsa |
3.3 Membaca indah geguritan | Geguritan | Kegiatan Tatap Muka · Peserta didik menikmati pembacaan indah geguritan. · Peserta didik secara sukarela mencoba membaca indah geguritan. · Guru memberikan tanggapan tentang pembacaan indah geguritan. · Guru memberi pengertian tentang membaca indah geguritan · Peserta didik menjelaskan langkah-langkah dalam membaca geguritan. · Peserta didik membaca indah geguritan · Peserta didik secara mandiri menentukan tema geguritan. · Peserta didik bekerja keras mengidentifikasi ciri-ciri geguritan. · Peserta didik dapat memilih kata-kata yang tepat untuk menulis geguritan. · Peserta didik secara kreatif dapat mengembangkan tema menjadi geguritan · Peserta didik mengembangkan amanat untuk menjiwai pembacaan geguritan. · Peserta didik membaca dengan indah didepan kelas Kegiatan Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan uraian yang berkaitan dengan materi geguritan · Peserta didik membaca geguritan secara indah Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur · Guru memberi tugas tidak terstruktur tentang membaca geguritan dengan memilih satu teks geguritan untuk siap dibaca · Guru memberi tugas tidak terstruktur pada peserta didik untuk mencari dua teks geguritan dengan tema yang berbeda dan menjelaskan tema, amanat dan nilai yang terkandung dalam geguritan tersebut. | § Menyebutkan langkah-langkah dalam membaca geguritan § Menentukan tema geguritan § Mengidentifikasi ciri-ciri geguritan § Memilih kata-kata yang tepat untuk menulis geguritan § Mengembangkan tema menjadi geguritan § Mengembangkan amanat geguritan § Membaca indah geguritan di depan kelas | Jenis tagihan · Tugas individu · Tugas Kelompok Bentuk Instrumen · Pengamatan · Demonstrasi · Uraian | 2 X 45 | v Sumber : · kidemang.com · pinterbasajawa.com · Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X · LKS Bahasa Jawa Fokus v Alat : · Rekaman pembacaan geguritan. · Laptop · LCD | · Mandiri · Bekerja keras · Kreatif |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK Negeri 1 Pakis Aji
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / semester : X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Pendidikan Karakter Bangsa |
4.1 Menulis ringkasan wacana nonsastra dari berbagai sumber tentang budaya Jawa | Wacana budaya Jawa | Kegiatan Tatap Muka · Guru memberi penjelasan tenik/ cara meringkas sebuah teks/ wacana menjadi sebuah paragraf yang benar · Peserta didik memahami bacaan non sastra tentang budaya Jawa · Peserta didik secara kreatif menentukan pokok-pokok isi wacana · Peserta didik secara mandiri meringkas wacana sesuai EYD Bahasa Jawa · Peserta didik membuat pertanyaan dan jawaban berkaitan dengan bacaan yang diringkas. · Peserta didik dapat menggabungkan pokok-pokok isi wacana/ teks menjadi ringkasan · Peserta didik meminta beberapa peserta didik untuk menyampaikan secara lisan hasil ringkasan · Peserta didik menilai hasil ringkasan siswa dengan bimbingan guru. Kegiatan Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk meringkas teks bacaan tentang budaya Jawa. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur · Guru memberi tugas tidak terstruktur kepada peserta didik untuk meringkas isi wacana dengan bahasa sendiri. | § Menemukan pokok-pokok pikiran wacana nonsastra § Meringkas sesuai EYD Bahasa Jawa § Membuat pertanyaan dan jawaban berkaitan dengan bacaan yang diringkas. § Menemukan pokok-pokok isi wacana § Menggabungkan pokok-pokok isi wacana menjadi ringkasan § Menyusun ringkasan wacana dengan bahasa sendiri | Jenis tagihan · Tugas individu Bentuk Instrumen · Pengamatan · Demonstrasi · Uraian | 1 X 45 | v Sumber : · Kidemang.com · Pinterbasajawaa.com · Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X · Kalawarti Panjebar Semngat · LKS Bahasa Jawa Fokus v Alat · Laptop · LCD · Teks budaya Jawa | · Mandiri · kreatif |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK Negeri 1 Pakis Aji
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / semester : X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Pendidikan Karakter Bangsa |
4. 2 Menulis wacana sederhana menggunakan huruf Jawa | Teks huruf Jawa | Kegiatan Tatap Muka · Guru memberi penjelasan tentang aksara Jawa · Guru mengadakan tanya jawab tentang aksara Jawa · Peserta didik secara mandiri menulis kalimat sederhana dengan menggunakan aksara wyanjana · Peserta didik secara kreatif menulis kalimat sederhana dengan menggunakan aksara sandhangan, pasangan · Peserta didik menulis kalimat sederhana dengan menggunakan aksara murda, · Peserta didik menulis kalimat sederhana dengan menggunakan aksara swara · Peserta didik menulis kalimat sederhana dengan menggunakan aksara rekan · Peserta didik menulis kalimat panjang menggunakan aksara Jawa · Peserta didik menulis wacana menggunakan aksara Jawa Kegiatan Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan uraian yang berhubungan dengan materi · Peserta didik menulis wacana menggunakan aksara Jawa. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur § Guru memberi tugas tidak terstruktur kepada peserta didik untuk menulis wacana menggunakan aksara Jawa berisi empat paragraf lebih kurang 500 kata dengan font Jawa dan dikirim melalui email capunk17@yahoo.co.id . | § Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan aksara wyanjana § Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan aksara sandhangan § Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan pasangan aksara Jawa § Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan aksara murda § Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan aksara swara · Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan aksara rekan · Menulis kalimat panjang menggunakan aksara Jawa · Menulis wacana menggunakan aksara Jawa | Jenis tagihan · Tugas individu · Tugas Kelompok Bentuk Instrumen · Pengamatan · Demonstrasi · Uraian | 2 X 45 | v Sumber : · Pinterbasajawa,com · www.ki-demang.com · Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X · LKS Bahasa Jawa Fokus v Alat · Lap top · LCD · Teks aksara Jawa | · Mandiri · kreatif |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK Negeri 1 Pakis Aji
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / semester : X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Menulis
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Pendidikan Karakter Bangsa |
4.3 Menulis geguritan | Teks Geguritan | Kegiatan Tatap Muka · Guru menunjukkan tulisan geguritan yang kurang sempurna kepada peserta didik. · Peserta didik menunjukkan penggunaan kata-kata yang kurang tepat beserta alasannya. · Guru memberi penjelasan pengertian geguritan · Guru mengadakan tanya jawab, mengulas kembali tentang geguritan · Peserta didik menjelaskan pengertian geguritan. · Peserta didik menyebutkan langkah-langkah dalam membuat geguritan · Peserta didik menentukan tema/ topik geguritan · Peserta didik secara kreatif menulis geguritan dengan menggunakan kata-kata indah dan basa kawi. · Peserta didik menulis geguritan dengan memasukkan purwakanthi. · Peserta didik menulis geguritan dengan menggunakan gaya bahasa tertentu § Peserta didik menulis geguritan tentang peristiwa yang terjadi dilingkunganya · Peserta didik secara mandiri menulis geguritan tentang peristiwa yang terjadi dilingkungannya dengan memperhatikan pilihan kata, purwakanthi dan gaya bahasa. · Peserta didik yang telah menyelesaikan geguritan segera mengumpulkan kepada guru untuk selanjutnya mendapat nilai. · Peserta didik secara toleransi memberikan tanggapan berkaitan dengan pilihan kata, purwakanthi dan gaya bahasa dalam geguritan hasil peserta didik lain. · Peserta didik secara acak diberi pertanyaan berkaitan dengan hasil geguritan yang diberi tanggapan. Kegiatan Terstruktur · Guru memberi tugas kepada peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan uraian yang behubungan dengan materi · Peserta didik menulis geguritan. Kegaiatan Mandiri Tak Terstruktur · Peserta didik diberi dua naskah geguritan dengan tema berbeda untuk dianalisis pilihan kata, purwakanthi, gaya bahasa yang digunakan. · Mengubah geguritan menjadi prosa. | § Menjelaskan pengertian geguritan § Menyebutkan langkah-langkah dalam membuat geguritan § Menentukan tema/ topik geguritan § Menulis geguritan dengan menggunakan kata-kata indah dan basa kawi. § Menulis geguritan dengan memasukkan purwakanthi. § Menulis geguritan dengan menggunakan gaya bahasa tertentu § Menulis geguritan tentang peristiwa yang terjadi dilingkunganya § Menulis geguritan tentang peristiwa yang terjadi dilingkungannya yang siap dibacakan. | Jenis tagihan · Tugas individu · Tugas Kelompok Bentuk Instrumen · Pengamatan · Demonstrasi · Uraian | 1x45 | v Sumber: · Geguritan.blog dada.net studio.co.cc · Forumbasajawasmpn 1po.blogspot.com · Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X Yudistira · Buku yang terkait dengan geguritan · LKS Bahasa Jawa Fokus v Alat: · Lap top · LCD · Teks geguritan | · Mandiri · Toleransi · Kreatif |
Jepara, 19 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Bambang Riyanto, S. Pd. Agus Setiawan, S.Pd.
NIP 19610902 199512 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar